ETOLOGI PERILAKU HEWAN PDF

Pengertian Ethologi Ilmu perilaku hewan, ilmu perilaku satwa atau juga disebut etologi (dari bahasa Yunani)ἦθος, ethos, “karakter”; dan –λογία, -logia) adalah. 4 Konsep Penting Tingkah Laku Hewan Proses Fisiolog i Proses Sosial Proses Pembelajaran tingkah laku hewan Pendekatan etologi Membuat etogram. perilaku) -Perilaku mrp suatu adaptasi agar tetap bertahan hidup pd lingkungan tertentu -Ilmu yang mempelajari perilaku hewan = etologi. 1. bawaan (innate.

Author: Takazahn Mezimi
Country: Iraq
Language: English (Spanish)
Genre: Literature
Published (Last): 21 August 2012
Pages: 308
PDF File Size: 4.37 Mb
ePub File Size: 3.8 Mb
ISBN: 548-5-92874-756-5
Downloads: 72929
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Yozshurn

Vibrational communication in animals”. Banyak kegiatan yang dilakukan etolkgi tidak ada imbalan atau hukuman luar yang didapatkan. Perilaku tipe ini banyak dipelajari pada burung, akan tetapi perilaku imitasi terbatas oleh suatu periode kritis tertentu. Ada dua proses pemikiran berlainan namun berkaitan yang terlibat, yaitu penalaran induktif dan penalaran deduktif.

Kebanyakan komunikasi hewan terjadi antara anggota spesies yang sama dan ini adalah konteks yang secara intensif paling dikaji. Semua adaptasi tersebut membutuhkan penjelasan secara evolusioner. Seringkali suatu perilaku hewan terjadi karena pengaruh genetis perilaku bawaan lahir atau innate behaviordan karena akibat proses belajar atau pengalaman yang dapat disebabkan oleh lingkungan.

Apakah stimuli yang mendapatkan tanggapan itu, dan bagaimana telah diubah oleh pembelajaran terkini?

Dominasi (etologi)

Dalam simposium ini, Lorenz bertemu dengan Nikolaas Tinbergen yang juga seorang ahli tingkah laku hewan ethologist. Dari berbagai hasil kajian, diketahui bahwa terjadinya suatu perilaku disebabkan oleh keduanya, yaitu genetis dan lingkungan proses belajarsehingga terjadi suatu perkembangan sifat. Imprinting adalah proses dimana hewan belajar stimuli pemicu untuk melepaskan insting-insting sosial mereka.

Respon bawaan paling sederhana yang dijumpai pada hewan yang mempunyai system saraf. Salah satu teori untuk menjelaskan evolusi dari sifat-sifat seperti ekor burung merak adalah ‘seleksi tak terkendali’. Altruisme ke arah kelompok yang tidak berhubungan tidak secara luas diterima dalam komunitas sains, tetapi lebih dilihat sebagai suatu bentuk altruisme timbal-balik, mengharapkan perilaku yang sama dari yang lain, suatu keuntungkan hidup dalam suatu kelompok.

TOP Related  CONVERT OTF SPOOL TO PDF

Banyak hewan predator, termasuk kucing, anjing dan serigala kelihatannya belajar dasar taktik berburu dengan mengamati dan menirukan induknya. Saat cumi jantan mengawini betina pada saat adanya jantan yang lain, dia memperlihatkan dua sisi berbeda: Dapat juga terjadi pada seekor hewan yang semakin lama semakin sedikit mengeluarkan energinya untuk mendaptkan makanan. Dalam proses belajar terdapat beberapa tipe dan karakter belajar, yaitu: Asosiasi atau Pengkondisian Associative Learning Definisi asosiasi atau pengkondisian adalah perilaku yang disebabkan oleh suatu hasil dari suatu respons terhadap kondisi-kondisi tertentu, baik kondisi tersebut diketahui atau tidak.

Fase keempat Teori etologi juga menggunakan istilah psychological bonding yaitu hubungan atau ikatan psikologis antara ibu dan anak, yang bertahan lama sepanjang rentang hidup dan berhubungan dengan kehidupan sosial Bowley dalam Hadiyanti, Clinical Implication of Attachment. Feromon adalah zat kimia yang dikeluarkan oleh hewan untuk alat komunikasi.

ETOLOGI MAKALAH – PDF Free Download

Perilaku ini tidak perlu adanya pengalaman atau memerlukan proses belajar dan sering kali terjadi pada saat baru lahir dan perilaku ini bersifat genetis diturunkan. Betina lebih menyukai ekor yang lebih terperinci, dan oleh perilaky itu si pejantan mampu kawin dengan sukses.

Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari baik. Bagi linguistikketertarikan pada sistem komunikasi hewan berada pada kemiripannya pada dan perbedaannya dengan bahasa manusia:. Meski sepanjang sejarah telah banyak naturalis yang mempelajari aneka aspek dari tingkah laku hewan, disiplin ilmu etologi modern umumnya dianggap lahir di sekitar tahun an tatkala biolog berkebangsaan BelandaNikolaas Tinbergen dan Konrad Lorenz, biolog dari Austria, mulai merintisnya.

Artikel utama untuk bagian ini adalah: Teritori Perilaku untuk mempertahankan daerah edar atau tteritori merupakan suatu usaha organisme hewan untuk mempertahankan adanya tempat sumber makanan, tempat untuk aktifitas reproduksi dan kesuksesan dalam memelihara anak atau keturunannya. Pertemuan ini nampaknya menjadi pertemuan bersejarah bagi kedua ilmuwan tersebut. Kera dari kajian bahasa.

TOP Related  DELETE RENDERABLE TEXT PDF

Migrasi banyak terjadi pada berbagai jenis burung, serangga, seperti beberapa jenis kupukupu, berbagai jenis ikan dan mamalia lain. Teori ini juga menekankan bahwa kepekaan kita terhadap jenis pengalaman yang beragam berubah sepanjang rentang kehidupan, Dengan kata lain, ada periode kritis atau sensitif bagi beberapa pengalaman.

Pada penelitian crossfostering ibu asuh yang dilakukan, dimana suatu individu dibesarkan oleh orang tua atau induk yang berbeda dari individu tersebut, sehingga memperlihatkan bahwa imprintingnya juga akan muncul pada awal-awal kehidupannya.

Hal ini mengarah pada realisasi bahwa komunikasi tidak selalu “jujur” ftologi saja, ada beberapa contoh jelas yang mereka memang tidak selalu jujur, seperti pada mimikri. Komunikasi dapat terjadi melalui perantara senyawa kimia menggunakan Feromon, yaitu senyawa kimia yang disekresikan keluar tubuh organisme dan dapat dikenali melalui bau, dimakan, dan lain-lain oleh sesama spesies dan akan berguna untuk berbagai kehidupannya, misalnya untuk kawin, tempat berkumpul agregasimenemukan makanan, mengenali koloni, adanya bahaya, dan etologk.

Halaman ini terakhir diubah pada 19 Desemberpukul Lorenz menandai anak angsa tersebut dan menempatkan kedua kelompok kedalam sebuah kotak.

Contoh yang sering didiskusikan adalah penggunaan teriakan peringatan oleh monyet perialku. Demikian pula setelah lingkaran bunga pinus diganti dngan lingkaran batu tanpa sarang, dan disebelahnya dibentuk segitiga dari bunga pinus dengan sarang di tengahnya.