ETIOLOGI BIBIR SUMBING PDF

Metodologi: Kami laporkan pasien VWS laki-laki usia 5 bulan dengan presentasi klinis yang jarang: bibir sumbing. dan langit-langit sumbing. Latar belakang Celah Orofacial (yaitu, celah bibir, celah bibir dan langit-langit, celah langit-langit sendiri, serta median, lateral, sumbing. Etiologi Bibir Sumbing Pdf · 0 Comments · Read Now. Labioschisis atau biasa disebut bibir sumbing adalah cacat bawaan yang menjadi.

Author: Negul Felkree
Country: Seychelles
Language: English (Spanish)
Genre: History
Published (Last): 5 March 2006
Pages: 25
PDF File Size: 9.4 Mb
ePub File Size: 8.80 Mb
ISBN: 439-8-71080-433-3
Downloads: 32249
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Kejin

Celah langit-langit adalah hasil dari kegagalan menyatunya dua langit-langit. Celah orofasial muncul minggu setelah konsepsi jika jaringan pada mulut yang sedang berkembang gagal bergabung bersama dan menyatu sepenuhnya.

Terbentuknya celah pada bibir dan langit-langit biasanya terlihat selama pemeriksaan bayi pertama kali. Kegagalan processus palatinus lateralis kanan dan kiri untuk berfusi satu sama lain Kegagalan processus palatinus lateralis berfusi dengan nasal septum.

Beberapa celah orofasial dapat terdiagnosa dengan USG prenatal. Gambar 1 celah palatum Pada palatum molle normal, penutupan velofaring, yang penting untuk bicara normal, dicapai oleh 5 otot berbeda yang berfungsi dalam sebuah cara yang komplit dan terkoordinasi.

Rama Dia Dara_aspek Genetik Pada Palatoschisis

Celah bibir bilateral mungkin diperbaiki dalam dua pembedahan, dengan jarak 1 bulan, yang biasanya membutuhkan rawat inap singkat di rumah sakit. Umumnya serat otot palatum molle berorientasi secara melintang tanpa tambahan berarti ke palatum durum.

Published on Aug View Download 0. Please copy and paste this embed script to where you want to embed Embed Script. Pembedahan berikutnya biasanya dijadwalkan sekurangnya dalam jarak 6 bulan untuk memberi waktu penyembuhan etiolovi mengurangi kemungkinan parut yang serius.

TOP Related  LUPUS IN TABULA RULES PDF

Celah pada satu sisi bibir yang tidak meluas ke hidung disebut inkomplit unilateral.

Seringkali celah juga melibatkan bibir. Proses perkembangan palatum. Teknik ini memiliki kelemahan yaitu tidak bibur panjang dari langit-langit atau tidak menutup langit-langit seluruhnya rtiologi suara pasien tetap sengau. Ketika jaringan tidak bergabung di tengah, akan terbentuk celah di bibir dan gusi.

Beberapa ambigu studi-studi tersebut mungkin menjelaskan oleh studi baru-baru ini yang menemukan bahwa resiko celah oral dapat dikurangi hanya dengan dosis tinggi konsumsi asam folat pada waktu pembentukan bibir dan langit-langit.

Insiden tertinggi yang dilaporkan terjadi pada celah bibir dan palatum muncul pada suku-suku Indian di Montana. Dilanjutkan penelitian yang lebih lanjut sumbinv cleft lip and palate 2. Ketika celah langit-langit menempel pada septum nasi dan vomer, celah disebut inkomplit. Pada celah bibir bilateral, deformitasnya lebih dalam namun simetris.

Setiap tahun di Inggris, sekitar satu bayi di adalah lahir dengan bibir sumbing, langitlangit sumbing atau keduanya. Celah orofasial selalu dihubungkan dengan defek kelahiran lainnya sebagai bagian dari sebuah sindroma. Beberapa sumbingg akan membutuhkan pembedahan lebih untuk membantu memperbaiki cara berbicara mereka. Dua sisi bibir kemudian disatukan.

Makalah Cleft Lip Palate – Free Download PDF

Jika septum nasi dan vomer terpisah secara total dari prosesus palatina, celah langit-langit disebut komplit. Bedah flep velofaringeal dianjurkan untuk mengatasi ketidakmampuan membuktikan velofaringeal setelah pasien tidak mampu mencapai perbaikan yang signifikan melalui terapi bicara saja. Beberapa anak dengan celah palatum tersendiri juga kehilangan gigi.

TOP Related  CATALOGO DE LLANTAS MAXXIS PDF

Kelainan celah bibir dapat menyebabkan gangguan pada fungsi bicara, pengunyahan dan penelanan serta estetik dan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan. Etiologi xumbing Palatoschisis adalah kelainan bawaan yang penyebab utamanya adalah tidak berfusinya palatum pada proses embrional dan dari beberapa penelitian menyatakan bahwa dapat juga di sebabkan oleh: Biasanya jaringan ini tumbuh terhadap satu sama lain dan bergabung di tengah.

Hampir setengah dari celah melibatkan kedua bibir dan langit-langit. Celah bibir adalah kelainan dimana bibir tidak sepenuhnya terbentuk selama perkembangan janin. Dari evaluasi klinis beberapa penelitian diketahui bahwa palatoschisis adalah hasil dari kegagalan menyatunya dua langit-langit,Kegagalan ini mungkin terbatas pada langit-langit lunak saja atau melibatkan kedua langit-langit lunak dan langit-langit keras,ada dua faktor yaitu faktor dalam sumbin herediter yakni adanya dasar genetik dan faktor luar seperti etiologj lingkungan yang berpengaruh terhadap terbentuknya celah pada palatum.

Celah yang melibatkan kedua sisi bibir dan meluas kedalam dan melibatkan hidung sumbkng komplit bilateral.